Kegunaan FTP Itu untuk Apa? Ini Dia Jawabannya


Bagi seorang awam yang jarang berhubungan dengan website, tentunya masih asing dengan kata FTP meskipun setiap kita berhubungan dengan upload dan download file dari website masih memerlukan yang namanya FTP. FTP sendiri adalah kependekan dari kata File Transfer Protocol yang artinya merupakan salah satu media transfer file dari dan ke server. Jika ingin tahu lebih jauh mengenai apa itu FTP, coba buka website wikipedia di sini http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Berkas
Kegunaan FTP Itu untuk Apa? Ini Dia Jawabannya Images
Lalu bagamana cara menggunakan FTP? Harus dengan software atau apa?
Ada banyak software/tools yang digunakan untuk mengakses FTP, tetapi pada dasarnya prinsipnya adalah sama, karena dasar-dasar transfer file lewat FTP ya memang seperti itu-itu saja. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, saya sarankan anda untuk mencobanya secara langsung kegunaan FTP sehingga anda lebih faham.
Untuk mencoba, anda tentunya harus punya account server FTP yang bisa digunakan. Account ini biasanya didapat ketika anda berlangganan hosting untuk website yang anda kelola. Sebagai contoh, lihat data di bawah ini:
Your Control Panel: https://gator1766.hostgator.com:2083
Username: userhostinganda
Domain: domainftpanda.com
Password: passwordanda
Server IP: 189.143.202.103
Data di atas adalah salah satu contoh ketika anda berlangganan FTP pada hosting HostGator. Dengan data tersebut anda memiliki account FTP yang bisa anda gunakan untuk mengakses website yaitu:
  • userhostinganda@domainftpanda.com
  • userhostinganda@189.143.202.103
Dengan data tersebut, anda bisa mengakses mengakses menggunakan 2 jalur, pertama jalur domain dan kesua adalah jalur IP Address. Keduanya bisa anda gunakan karena dua-duanya adalah data valid dari web hosting.
Lalu bagaimana cara menggunakannya?
Ada beberapa cara yaitu:
1) Menggunakan Software
Salah satu software yang biasa saya gunakan adalah FileZilla. Saya menggunakannya karena FileZilla ini gratis dan juga sangat user friendly. Anda cuku memasukkan nama domain (Juga bisa diisi dengan IP Address, seperti penjelasan sebelumnya) dan memasukkan user dan password pada form password. Untuk port, biasanya port yang digunakan adalah port default yaitu port 21. Untuk yang ini, anda tidak perlu mengisinya lagi karena secara default port yang digunakan oleh software FileZilla adalah 21 tanpa harus anda masukkan secara manual.
Lalu, di mana saya bisa donwload FileZilla? Silahkan anda ke sini http://filezilla-project.org/download.php
Kegunaan FTP Itu untuk Apa? Ini Dia Jawabannya Images
Jika ingin lebih mendalami ilmu baggaimana cara mencari official website dari FileZilla, coba pergi ke Google dan ketikkan filezilla download pada form search (Hanya contoh penggunaan tools Google yang bisa anda gunakan untuk kepentingan yang lain).
Setelah anda donwload software FileZilla, anda bisa mencoba melakukan upload atau download dari account FTP yang anda miliki.
2) Menggunakan Web Based FTP
Web based FTP adalah website yang menyediakan anda untuk mengakses FTP tanpa harus menginstall software pada komputer. Tempat web based FTP favorite saya yaitu Net2FTP yang bisa diakses di sini http://www.net2ftp.com.
Kegunaan FTP Itu untuk Apa? Ini Dia Jawabannya Images
Di net2FTP, anda juga bisa melakukan hal yang sama seperti ketika menggunakan FileZilla, mulai dari upload, downloand dan lain sebagainya. Untuk cara penggunaannya, silahkan anda kunjungi website tersebut, coba pelajari dan praktekkan menggunakan account FTP anda.
Kesimpulan
FTP merupakan salah satu metode yang bisa anda gunakan untuk mengelola file pada server. Dengan FTP, proses transfer data akan lebih efisien.
Sebenarnya, selain dua metode di atas, ada satu metode lagi yang bisa anda gunakan yaitu menggunan command promt. Tetapi, karena metode ini lebih rumit, ada baiknya anda menggunakan 2 metode dia atas karena akan lebih mudah.
Jika anda punya pertanyaan mengenai FTP, silahkan anda tinggalkan komentar di bawah ini. Saya akan berusaha mencarikan solusi terbaik untuk anda.

0 comments:

Post a Comment